Monthly Archives: February 2017

  • 0

Tips Jitu Agar Mendapatkan Kepercayaan Dalam Tim Bisnis

Sboplaza.com – Agar terciptanya kesuksesan dalam berbisnis, tentu dibutuhkan tim yang kompak dan memiliki rasa saling mempercayai satu sama lain. Namun, yan menjadi pertanyaan adalah bagaimana menjadi sosok yang dapat dipercayai oleh tim bisnis sendiri.

Karena bagaimanapun juga, tanpa tim yang solid, Anda akan mengalami hambatan dalam meraih kesuksesan. Berikut ini tips jitu untuk menjadi seseorang yang dipercayai dalam tim bisnis sendiri.

1. Memberikan teladan yang baik

Untuk menciptakan tim bisnis yang baik, tentu Anda selaku pemimpin harus bisa memberikan cermin yang baik bagi anggota tim. Pasalnya, tindakan atau contoh yang lebih mudah untuk ditiru dibandingkan Anda menyuruh dengan kata – kata. Hal ini juga baik agar etos kerja di dalam tim tetap terjaga dengan baik.

2. Menanamkan pada setiap anggota tim terkait rasa memiliki satu sama lain

Mengkondisikan tim dengan perasaan rasa memiliki satu sama lain dapat membantu kinerja tim menjadi lebih baik. Saat timbul rasa “memiliki” dari lubuk hati anggota tim, maka yang Nampak adalah perasaan dimana setiap anggota tim akan melakukan yang terbaik bagi kelangsungan bisnis.

3. Mengembangkan passion masing – masing dari anggota tim

Setiap orang tentu diciptakan dengan passion dan minat yang berbeda. Jadikan hal itu sebagai upaya bagi Anda untuk mengembangkan passion anggota tim sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Pastikan anggota tim memiliki kenyamanan dalam menjalankan pekerjaannya. Tempatkan anggota tim sesuai dengan bidang yang sesuai passionnya.

4. Memberikan penghargaan terhadap kinerja mereka

Mengapresiasi kinerja tim tidak selalu berbentuk materi saja. Anda sebagai pemimpin dapat menyampaikan apresiasi tersebut dalam bentuk pujian, pengakuan maupun reward. Sediakan waktu khusus untuk mereview pekerjaan mereka. Agar Anda dapat mengetahui siapa saja yang berhak atas apresiasi Anda.

Baca : Inspirasi Bisnis Yang Tepat Dijalankan Di Tempat Wisata

5. Menjalani pekerjaan dengan penuh kharismatik

Menjadi seorang pemimpin yang berkharisma dapat ditunjukan dengan cara Anda memotivasi diri sendiri serta anggota tim bisnis Anda. Pastikan Anda bersikap bijaksana, penuh kehati-hatian dan tulus dalam menjalani bisnis. Dan yang pasti, selalu berusaha temukan solusi. Jangan menyalahkan tim Anda apabila terjadi kesalahan.


  • 0

Inspirasi Bisnis Yang Tepat Dijalankan Di Tempat Wisata

Sboplaza.com – Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki banyak tempat pariwisata yang indah untuk dikunjungi. Setiap tahunnya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara berbondong – bondong untuk menjarah keindahan tempat wisata yang disuguhkan di Indonesia.

Potensi kunjungan wisata yang menjanjikan tersebut tak jarang dimanfaatkan seseorang untuk meraup penghasilan yang menakjubkan dengan berbisnis. Untuk itu, Anda dapat mencoba bisnis dengan memanfaatkan potensi kunjungan di tempat wisata di sekitar Anda. Berikut ini ragam usaha yang dapat Anda jalankan di tempat wisata.

1. Bisnis makanan

Bisnis makanan tentu menjadi bidang bisnis yang dapat Anda jalankan di tempat wisata. Namun, sebagai tips untuk Anda. Bahwa berbisnis makanan khas di daerah atau tempat wisata tersebut akan berpotensi laku. Karena tentunya setiap wisatawan akan merasa penasaran dengan makanan khas daerah.

2. Bisnis fotografi

Setiap orang tentu ingin mengabadikan moment terbaiknya. Terlebih lagi, tidak semua orang memiliki kamera professional. Maka dari itu, Anda dapat menangkap peluang ini dengan mendirikan bisnis di bidang fotografi.

3. Bisnis tour guide

Wisatawan asing di Indonesia tentu akan membutuhkan jasa tour guide. Hal ini akan membantu mereka untuk mendapatkan informasi berupa pengetahuan di tempat wisata. Selain wisatawan asing, biasanya anak – anak dari sekolah sekolah seringkali membutuhkan jasa tour guide. Apalagi jika tempat wisata tersebut memiliki nilai – nilai sejarah.

4. Bisnis tempat menginap

Dalam hal ini, Anda tidak perlu membuka hotel mewah. Karena tentu tidak semua orang memiliki anggaran yang berlimpah saat liburan. Anda bisa membangun bisnis di bidang penginapan dengan harga terjangkau. Hal ini tentu akan memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk menginap di tempat penginapan yang Anda sediakan.

5. Bisnis cinderamata atau souvenir

Nyatanya banyak sekali wisatawan yang senang berburu souvenir di tempat wisata. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan moment tersebut dengan menyuguhkan aneka ragam souvenir khas di tempat wisata tersebut. Karena hal itu akan menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk Anda.

Baca : Tips Cara Menyusun Daftar Pekerjaan Dengan Mudah

6. Bisnis sewa alat transportasi

Ada tempat wisata yang membutuhkan kendaraan untuk dapat menjelajahinya. Anda dapat menjadi pebisnis yang menyewakan alat transportasi bagi wisatawan. Tentunya hal ini akan bermanfaat sekaligus memberikan keuntungan berlipat ganda untuk Anda.


  • 0

Tips Cara Menyusun Daftar Pekerjaan Dengan Mudah

Sboplaza.com – Demi memaksimalkan pekerjaan Anda, tentunya sangat penting untuk menjabarkannya dalam sebuah daftar. Dengan begitu, pekerjaan Anda menjadi lebih tertata serta meminimalisir hal yang mungkin bisa saja Anda lewatkan bila tidak dijabarkan secara terperinci.

Selain itu, memaparkan pekerjaan dalam bentuk daftar akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Berikut ini cara memaparkan pekerjaan Anda dalam bentuk daftar secara efektif.

1. Selalu memaparkan pekerjaan pada hari sebelumnya

Pastikan Anda membuat daftar pekerjaan pada hari sebelumnya. Ini mencegah Anda untuk melakukannya secara mendadak yang berakibat dari banyaknya daftar pekerjaan yang terlewatkan. Anda bisa membuatnya di malam hari atau bahkan pada waktu yang tepat dan nyaman untuk Anda membuatnya. Tepatnya setelah semua aktivitas Anda telah selesai dilakukan.

2. Tulis semua intinya dengan bahasa yang jelas

Saat Anda menyusun daftar pekerjaan, pastikan Anda mencatat intinya dengan baik dan menggunakan bahasa yang jelas. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele.

Karena yang terpenting adalah menggunakan bahasa yang mudah Anda pahami. Hal ini juga penting agar Anda memiliki target pencapaian yang jelas. Bila Anda menuliskan daftar yang panjang, Anda justru akan merasa malas atau bahkan merasa keberatan untuk menyelesaikannya.

3. Pastikan Anda menuliskan pertimbangan waktu dalam daftar pekerjaan Anda

Dalam upaya penyusunan daftar pekerjaan, Anda perlu membuat pertimbangan waktu yang matang. Jangan sampai pertimbangan waktu tersebut malah menyulitkan Anda. Lakukan pekerjaan Anda sesuai dengan pertimbangan waktu yang tepat. Terapkan deadline atau batas waktu yang tepat.

4. Buatlah daftar terpisah antara tanggung jawab tim dan tanggung jawab Anda

Tidak semua pekerjaan harus Anda kerjakan seluruhnya. Ada pekerjaan yang merupakan tanggung jawab tim yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengkomunikasi tanggung jawab yang harus dilakukan oleh tim.

Dengan membuat pemetaan terhadap tanggung jawab kerja, hal ini akan membantu pekerjaan menjadi lebih efektif karena dikerjakan oleh ahlinya sesuai kapasitasnya masing – masing.

5. Perhatikan pekerjaan jangka panjang maupun pekerjaan jangka pendek

Selain memisahkan antara tanggung jawab pribadi dan tim. Anda juga perlu membuat daftar mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dalam jangka panjang maupun pekerjaan untuk jangka pendek. Dengan begitu, apabila semuanya telah terpaparkan dengan jelas.

Baca : Tips Cara Melakukan Komunikasi Dengan Karyawan Pertama Yang Anda Rekrut

Setiap Anda menyelesaikan pekerjaan jangka pendek Anda. Anda dapat langsung melakukan pekerjaan jangka panjang Anda. Meskipun pekerjaan jangka panjang tersebut Anda kerjakan sedikit demi sedikit. Namun, hal itu mampu membuat Anda terbebas dari beban pekerjaan yang menumpuk.


  • 0

Tips Cara Melakukan Komunikasi Dengan Karyawan Pertama Yang Anda Rekrut

Sboplaza.com – Salah satu ciri pertumbuhan bisnis dapat dilihat dari jumlah karyawan yang dimiliki. Semakin besar perusahaan, tentu akan semakin membutuhkan banyak karyawan. Untuk menjaga kelanggengan bisnis, seorang pemimpin perlu menjaga komunikasi yang baik dengan karyawan.

Karena bila komunikasi kurang terjaga dan tidak lancar, akan terjadi kesalahpahaman atau bahkan menimbulkan masalah yang baru pada bisnis yang Anda jalankan. Bila bisnis yang Anda rintis masih berada pada tahap pengembangan.

Tentu Anda baru pertama kalinya dalam hal memperkerjakan seorang pekerja. Akan sangat bijaksana bila Anda menjaga komunikasih dengan penuh kehati-hatian. Berikut ini tips berkomunikasi dengan karyawan yang pertama kali Anda rekrut.

1. Buat daftar rinci terkait job desk yang harus dikerjakan

Sebelum Anda mulai untuk merekrut seorang karyawan, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu job desk atau tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan yang nanti akan Anda rekrut.

Buatlah tugasnya serinci mungkin agar karyawan Anda nantinya akan memahami apa saja yang harus dikerjakan. Terlebih lagi hal ini juga penting untuk meminimalisir terjadinya kesalahan atau sesuatu yang terlewatkan.

2. Bangun kedekatan dengan bersikap lebih santai

Pasti ada rasa kaku saat Anda mulai membangun komunikasi dengan karyawan baru yang baru saja Anda rekrut. Untuk mengatasinya, Anda dapat bersikap lebih santai. Karena perasaan kaku justru akan membuat karyawan dihantui rasa takut melakukan kesalahan yang berlebihan. Sehingga membuat karyawan menjadi tertekan hingga akhirnya kualitas komunikasi menurun yang berakibat pada penurunan kualitas kinerja karyawan.

Cobalah berkomunikasi lebih santai. Hal ini juga memiliki manfaat lain. Diantaranya Anda dapat memahami lebih dalam terkait karyawan Anda. Namun, perlu diingat bahwa bersikap santai tidak sama dengan bersikap tidak tegas.

3. Selalu konsisten dalam melakukan komunikasi

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan komunikasi langsung dengan karyawan Anda meskipun hanya beberapa jam dalam seminggu. Pada saat berkomunikasi langsung dengan karyawan, pastikan Anda menghindari penggunaan alat komunikasi.

Baca : Pemahaman Yang Tidak Dipercayai Oleh Orang – Orang Sukses

Karena memfokuskan diri pada hal lain saat tengah berkomunikasi hanya akan membuat komunikasi menjadi buruk bahkan karyawan akan cenderung mengurangi respect mereka terhadap Anda.

4. Bersikap jujur pada karyawan Anda

Pastikan Anda selalu jujur terhadap karyawan Anda. Kejujuran akan membuat karyawan Anda menjadi lebih menghargai Anda sebagai seorang pemimpin. Meskipun kejujuran itu mungkin menyayat hati. Tapi yang pasti, kejujuran akan mengantarkan siapapun pada proses belajar yang lebih baik.


  • 0

Pemahaman Yang Tidak Dipercayai Oleh Orang – Orang Sukses

Sboplaza.com – Untuk mencapai kesuksesan, Anda dapat meneladani sikap maupun pola pikir orang – orang yang sukses. Karena nyatanya, orang sukses tentu akan berbeda dengan orang biasa. Baik dari gaya bersikap, pola pikir, mental dan sebagainya.

Orang – orang sukses selalu memandang sesuatu sebagai hal baik dan tantangan yang perlu ditaklukan. Namun tak jarang, seringkali banyak ditemui pemikiran negative yang terlanjur menyebar di masyarakat.

Meski begitu, pikiran negative tersebut tidak dipercayai oleh orang – orang sukses. Apa saja pikiran negative tersebut? Berikut ini pemahaman negative yang tidak dipercayai orang – orang sukses.

1. Orang sukses tidak percaya bahwa bertanya adalah tanda kelemahan

Kapasitas pengetahuan manusia memang terbatas, tidak semua hal di dunia ini diketahui oleh orang – orang sukses. Namun, yang menjadi suatu kelebihan orang – orang sukses adalah mereka tidak pernah berhenti bertanya dan mencari tahu.

Hasrat keingintahuan mereka membuat mereka mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas. Bahkan, orang sukses sekalipun tidak merasa sungkan ataupun malu bertanya pada karyawannya. Karena mereka menyadari bahwa pengetahuan bisa didapat darimanapun sekalipun dari seseorang yang secara jabatan berada dibawahnya.

2. Orang sukses tidak percaya bahwa keberuntungan adalah penentu kesuksesan

Bagi orang sukses, keberuntungan bukanlah segalanya. Keberuntungan hanyalah factor yang sangat kecil dalam meraih kesuksesan. Orang sukses tidak pernah menggantungkan diri pada keberuntungan. Sebaliknya, mereka justru menggantungkan diri mereka pada doa dan kerja keras yang diupayakan.

3. Orang sukses tidak percaya bahwa setiap kebaikan harus selalu mendapatkan balasan

Setiap kali melakukan kebaikan, orang – orang sukses tidak percaya bahwa kebaikan tersebut harus mendapatkan balasan. Mereka berpikir bahwa kebaikan yang ditanam suatu hari nanti akan mendapatkan balasan setimpal. Meskipun balasan tersebut tidak dalam bentuk yang sama dengan apa yang diperbuatnya. Yang terpenting adalah kebaikan tersebut dilakukan dengan ikhlas.

4. Orang sukses tidak percaya bahwa mereka selalu benar

Manusia selalu sepaket dengan kekurangan dan kelebihannya. Hal itulah yang tertanam dalam diri orang sukses bahwa mereka tidak akan selalu benar. Ada kalanya mereka membuat kesalahan. Namun yang terpenting dari itu semua, mereka selalu menjadikan kesalahan sebagai bentuk dari pembelajaran dan tidak mengulanginya di masa yang akan datang.

5. Orang sukses tidak percaya bahwasanya mereka telah meraih kesuksesan

Pemikiran yang tidak dipercaya oleh orang – orang yang sukses adalah mereka tidak percaya bahwa mereka telah meraih kesuksesan. Mereka selalu percaya bahwa mereka adalah orang – orang yang akan selalu berproses menjadi lebih baik.

Baca : Syarat Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjemput Kesuksesan Melalui Bisnis Tanaman Hias

Sejatinya mereka menyadari bahwa berpuas diri hanya akan membuat mereka tidak menjadi lebih baik. Selain itu, orang sukses juga tak pernah berhenti untuk selalu mengucap syukur atas apa yang telah diraihnya selama ini.


  • 0

Syarat Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjemput Kesuksesan Melalui Bisnis Tanaman Hias

Sboplaza.com – Berbisnis di bidang tanaman hias tampaknya masih menjadi bisnis yang potensial di masa depan. Bila Anda ingin bergelut di bidang bisnis yang satu ini, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar bisnis yang Anda jalani tersebut tidak kandas di tengah jalan hanya karena trend yang bersifat sementara.

Terdapat persiapan khusus yang perlu Anda kuasai sebelum memulai bisnis di bidang tanaman hias. Berikut ini ulasannya :

1. Mempelajari serta menguasai wawasan di bidang perawatan tanaman hias

Anda akan kesulitan dalam membuka usaha di bidang tanaman hias tanpa menguasai wawasan di bidang tanaman hias itu sendiri. Karena penguasaan bisnis di bidang tanaman hias akan memudahkan Anda untuk menekuni bidang yang Anda jalani. Tanpa hal itu, bisnis tanaman hias akan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan.

Bayangkan saja, bila Anda tidak cukup telaten dalam merawat tanaman hias. Bisa jadi, tanaman hias tersebut tidak tumbuh sesuai dengan apa yang diharapkan. Bahkan bisa saja tanaman hias tersebut layu dan mati. Alhasil, Anda tidak mendapatkan apapun dari bisnis Anda selain kerugian dan kesedihan yang melanda.

2. Pilah – pilih jenis tanaman hias yang hendak dijual

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang menjanjikan untuk dijual. Sebagai rekomendasi, ada baiknya Anda memilih jenis tanaman hias yang memiliki tingkat kestabilan yang tinggi serta tidak hanya musiman.

Kemudian, Anda juga harus memperhitungkan biaya perawatan tanaman hias tersebut. Sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri untuk merawat berbagai jenis tanaman sekaligus.

3. Jangan lupakan media tanam untuk tanaman hias tersebut

Media tanam merupakan faktor penting yang mempengaruhi kualitas tanaman hias. Maka dari itu, Anda perlu memahami ragam kebutuhan tanaman hias yang disesuaikan dengan jenis tanaman hias tersebut. Tak hanya itu, fikirkan apakah media tanam tersebut memiliki efisiensi serta meningkatkan produktivitas tanaman atau justru malah sebaliknya.

4. Berbisnis di lokasi yang strategis

Salah satu kunci kesuksesan yang tak boleh Anda lupakan adalah menentukan lokasi strategis pada bisnis yang Anda jalani. Pastikan konsumen Anda memiliki kemudahan untuk menjangkau lokasi bisnis Anda. Selain daripada lokasi yang strategis, pastikan Anda juga menyesuaikan suhu kawasan tersebut sesuai dengan jenis tanaman hias Anda.

Baca : Tantangan Yang Perlu Dihadapi Para Pemilik E-commerce Di Indonesia

Demikianlah Syarat Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjemput Kesuksesan Melalui Bisnis Tanaman Hias. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat bagi Anda para pembaca khususnya yang akan memulai bisnis di bidang tanaman hias.


  • 0

Jualan Laris Tapi Bisa Bangkrut Gara-gara Ini

Sboplaza.com – Semakin banyak yang curhat ke saya, semakin banyak ilmu yang saya dapatkan Mak. Itulah sebabnya saya senang membuka diri untuk temen-temen yang mau curhat, baik secara online maupun offline.

Mendengar kisah hidup mereka, membuat rasa syukur saya semakin tinggi. Bayangkan Mak, dulu saya pernah setres banget gara-gara rugi produksi Rp.40 juta. Saat itu saya ngerasa menjadi orang paling SENGSARA sedunia.

Ealaaaah.. ternyata penderitaan saya itu hanya butiran debu Mak. Ada seorang Emak Setroong yang punya piutang 12 Milyar. Orang-orang ngutang ke dia Mak, dan ternyata itu sudah hampir 10 tahun, setelah dihitung…uwooooww 12 Milyar.

Piutang belum dibayar, tapi tagihan dari pabrik kan kudu dilunasin. Akhirnya dia pun mencari pinjaman ke bank 6 Milyar. Sisanya entah dari mana lagi dia nutupinnya. Mak main ke gudangnya deh, kalo dilihat dari kasat mata, sedaaap itu stock banyak banget.

Bikin ngiri! Eh pas denger ceritanya… hadeeeh kaga pengen deh. Bisnis yang bikin gak bisa tidur nyenyak. Utangnya gede bener! Sereeem.. Setelah ditelusuri, salah satu penyebabnya adalah kurang SDM untuk mengelola bisnisnya. Gak ada orang yang ngurusin bagian penagihan katanya.

Laporan keuangan juga sesempetnya, kadang ada, kadang gak ada 🙁 Kerjanya rangkap, tumpang tindih, saling lempar tanggung jawab. Intinya mah gak ada jobdes, SOP dan KPI yang jelas.

Bisnis bisa bertahan 12 tahun kan keren banget ya Mak. Tapi ternyata… kusut banget didalam manajemennya. Semoga Mak gak ngalamin kaya gini. Wajar bagi kita sang pemula untuk lebih dulu fokus dulu pada PENJUALAN dibanding SISTEM. Lah kalo gak ada penjualan, apanya yang mau dihitung dan diurus? 😀

Tapi…jangan terlalu lama keasikan belajar jualan aja Mak. Manajemen keuangan dan membangun sistem kudu dipelajari juga. Kan kita mau bisnisnya jangka panjang dan bisa berjalan tersistem. Supaya tujuan awal kita RESGIN dari kantor benar-benar terwujud.

Hayoooo.. masih inget apa tujuan Mak RESIGN? Kan pengen punya banyak waktu sama ANAK. Lah kalo sekarang Emaknya super rempong ngurus jualan sampe anak terlantar, ini apakah sesuai dengan tujuan awal?

Sip…sekarang udah jago jualan. Nah tugas berikutnya adalah kudu bangun tim supaya bisnis bisa berjalan auto pilot. Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus. Mau kan Mak?

4 point dasar yang wajib ada di bisnis Mak:

1. Ada yang ngurus pencatatan dan laporan keuangan.
2. Ada yang ngurus pemasaran.
3. Ada yang ngurus pelayanan.
4. Ada yang ngurus pengiriman, gudang dan produksi/supplier.

Mak boleh pilih salah satu dari 4 point tersebut. Jika dirasa bakat Mak ada di point 1, maka point 2-4 bisa Mak cari karyawan. Atau jika Mak lebih suka point 2, seperti saya, maka point 1, 3, dan 4 kudu cari orang lain untuk ngurusnya. Atau Mak gak suka dengan semua hal tersebut, nah Mak bisa jadi CEO (atau apalah namanya hihiihiii…),

Mak ngurus SDM dan mengontrol semua kinerja karyawan (saya menyebutnya Tim).
Nah yang jadi PR berikutnya adalah gimana caranya nyari karyawan? Gimana hitungan gajinya? Cara ngelolanya gimana? Apa aja pekerjaan mereka? Supaya kinerja mereka bagus gimana?

Hari gini pengangguran banyak, tapi kok susah ya cari yang mau kerja dengan kita? Duh apalah kita, UKM rumahan yang baru aja dirintis. Siapa yang mau kerja sama kita? Belum sanggup kasih UMR pula.

Tenang Mak.. bisa kok, mudah kok asal tahu caranya heheeheee… Intinya saya mau nyemangatin Mak untuk terus giat belajar dan gak menunda bangun tim. Ingat…tujuan awal kita bangun bisnis adalah SUPAYA BANYAK WAKTU UNTUK ANAK.

Baca : Jurus Jitu Poles Kelemahan Jadi Kekuatan

Doain ya Mak, saya dan Teh Lya Herlyanti lagi beresin buku tentang hal ini. Supaya banyak Emak Setrooong yang berani dan mampu membangun tim sehingga bisnisnya bisa berjalan dengan sistem yang baik dan benar. Saya juga masih terus bebenah di RAZHA. Rasanya tuh PR gak ada habisnya. Yah begitulah bisnis.. ketika kita berhenti belajar maka kesuksesan akan meninggalkan kita.

Saya doakan bisnis Mak makin sukses cetar membahana. Makin banyak manfaat untuk keluarga dan juga ummat. Keluarga keurus, bisnis jalan terus 😉 aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Tantangan Yang Perlu Dihadapi Para Pemilik E-commerce Di Indonesia

Sboplaza.com – Saat ini bisnis e-commerce mengalami perkembangan yang terbilang cukup pesat. Rasanya menjadi trend kekinian untuk berbelanja via online. Terlebih lagi, potensi pasar di Indonesia juga cukup menggiurkan dengan kepadatan penduduk yang begitu banyak disertai sikap masyarakat Indonesia yang senang berbelanja.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat tantangan sekaligus hambatan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce yang menargetkan target pasarnya di Indonesia. Berikut ini tantangan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce di Indonesia.

1. Koneksi internet yang terbilang kurang cepat atau lambat

Koneksi internet di Indonesia ternyata sangat lambat bila harus dibandingkan dengan Negara di belahan bumi lainnya. Tak hanya lambat, biaya untuk memanfaatkan koneksi internet sendiri terbilang cukup mahal. Padahal koneksi internet menjadi hal penting yang diperlukan karena akan mempengaruhi perkembangan dunia e-commerce di Indonesia.

Selain diperlukannya upaya untuk mengatasi koneksi internet yang lambat, dibutuhkan pula pemerataan internet di berbagai kawasan yang belum terjamah jaringan internet. Dengan memperbaiki kedua hal itu, dapat dipastikan bahwa perkembangan e-commerce di Indonesia akan mengalami percepatan yang luar biasa.

2. Metode pembayaran bukan cash

Metode pembayaran seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut ataupun sebaliknya. Untuk itu, konsumen kerap kali diwajibkan untuk memiliki rekening bank, internet banking, mobile banking maupun kartu kredit.

Hambatannya justru hadir dari realitas masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan fasilitas bank. Maka dari itu, ke depannya e-commerce dapat menerapkan metode pembayaran yang mampu menjamah seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar dapat berbelanja online dengan mudah.

3. Tantangan jasa ekspedisi atau pengiriman barang

Tantangan lain yang perlu dihadapi para pemilik e-commerce diantaranya adalah permasalahan terkait jasa pengiriman. Selama ini seringkali terdengar permasalahan yang terjadi di dalam dunia bisnis e-commerce karena faktor jasa ekspedisi. Untuk itu, diperlukan standarisasi untuk masalah pengiriman barang.

Dalam hal ini, konsumen seringkali mengeluh akan kerugian yang dialami seperti keterlambatan pengiriman, terjadi kerusakan pada barang yang dikirim hingga barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang diminta.

Demikianlah tantangan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce di Indonesia. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat serta pencerahan bagi khsusunya para pebisnis online di Indonesia.

Baca : Inilah Gaya Bahasa Tubuh Pemimpin Berkharisma Yang Mempesona

Bahwa sejatinya diperlukan solusi serta penanganan yang baik untuk menghadapi tantangan – tantangan tersebut. Dan tentu semua ini juga membutuhkan peran pemerintah agar dapat terealisasi solusi penyelesaian yang baik untuk mengatasi hambatan – hambatan yang telah dipaparkan pada point – point diatas.


  • 0
4 Sikap yang Perlu Dihindari Agar Menjadi Seorang Manager yang Baik

Inilah Gaya Bahasa Tubuh Pemimpin Berkharisma Yang Mempesona

Sboplaza.com – Menjadi seorang pemimpin tentu tak pernah lepas dari banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari masalah teknis hingga masalah non-teknis di luar pekerjaan pun tentu tak boleh luput dari perhatian. Contoh hal non-teknis yang perlu diperhatikan diantaranya adalah bahasa tubuh yang terampil.

Faktanya, agar menjadi seorang pebisnis yang berhasil. Bahasa tubuh diperlukan agar dapat memimpin karyawan dengan baik. Dan pastinya, bahasa tubuh yang tepat akan memberikan kesan berkharisma di hadapan karyawan yang Anda miliki. Lalu bagaimana cara menjadi pemimpin yang berkharisma dan mempesona? Berikut ini bahasa tubuh yang perlu Anda perhatikan.

1. Selalu menampilkan senyum yang natural

Jangan pernah mengabaikan sebuah senyuman, karena senyuman akan memberikan kesan yang menyenangkan bagi seseorang. Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari senyuman. Untuk itu, Anda tak boleh mengabaikan bahasa tubuh sederhana yang satu ini.

2. Melakukan kontak mata yang tidak berlebihan

Berkomunikasi tidak hanya bicara tentang mengucapkan kata – kata saja. Namun, pandangan atau kontak mata juga memiliki peran penting yang tak boleh diabaikan. Saat Anda berbicara tanpa melakukan kontak mata dengan lawan bicara Anda. Hal itu akan mengurangi esensi percakapan tersebut.

4 Sikap yang Perlu Dihindari Agar Menjadi Seorang Manager yang Baik

Dengan melakukan kontak mata yang baik, lawan bicara akan merasa bahwa Anda berbicara dengan tulus, fokus dan apa adanya. Sebuah riset memaparkan bahwa kontak mata yang tepat berkisar diantara 50% – 60% dari keseluruhan percakapan. Dan yang paling penting adalah saat Anda menjadi pendengar.

3. Pose yang kuat dan meyakinkan

Tak dapat dipungkiri bahwa pose juga memberikan kesan bagaimana Anda ingin orang lain melihat Anda. Agar Anda terlihat percaya diri dan menampilkan sikap bertanggung jawab , tentu Anda perlu menampilkan pose yang percaya diri.

Baik dari segi gestur, cara bicara, bersikap dan sebagainya. Jangan sampai Anda terlihat ragu – ragu atau bahkan kebingungan. Perhatikan saat Anda berbicara. Jangan sesekali bergumam “eu…” dan ungkapan yang memungkinkan Anda terlihat kebingungan.

4. Berbicara dengan intonasi nada yang tepat

Pastikan Anda dapat mengelola intonasi nada dengan tepat saat berbicara. Karena menempatkan intonasi yang tidak sesuai justru dapat mempengaruhi makna. Namun, untuk menjadi pemimpin yang berhasil. Anda tidak harus selalu mengeluarkan suara dengan nada yang lantang dan tinggi. Yang terpenting adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya.

Baca : Inilah 4 Keuntungan Menyiapkan Dana Darurat

Demikianlah ulasan mengenai bahasa tubuh yang perlu Anda perhatikan agar menjadi pemimpin yang berkharisma dan mempesona. Semoga ulasan yang kami paparkan untuk Anda dapat memberikan manfaat serta pencerahan bagi Anda.


  • 0

Dian Kristianti, Pebisnis Daster Unik Kekinian Anti Mak Emak

Sboplaza.com – Berawal dari kesulitannya mencari daster yang unik, lucu dan tidak membuatnya terlihat berumur. Dian Kristianti pun akhirmya mulai menjalankan bisnis di bidang daster bersama tetangganya.

Saat mendistribusikan daster yang ia jual secara online, Dian Kristianti mengawalinya dengan terlebih dahulu menghapus paradigma bahwa daster ini hanyalah pakaian untuk melakukan aktivitas rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga yang mahal karena di pasar banyak dijual.

Pandangan kurang sedap terhadap daster itulah yang kemudian ingin Dian Kristianti tumbangkan dengan menampilkan daster yang beda. Beda dalam artian membuat siapapun yang memakainya akan tetap berasa cantik, lebih muda, lebih anggun. Meskipun faktanya memang yang mengenakan daster tersebut telah memiliki anak.

Untuk itu, Dian Kristianti membuat tagline “Daster Anti Mak Emak”. Dibutuhkan 2 tahun lamanya untuk untuk meyakinkan siapapun bahwa daster anti mak emak adalah daster yang berbeda dan berkarakter. Hingga pada akhirnya kini daster yang dijualnya telah menjadi familiar di masyarakat. Beberapa produk yang menjadi best seller diantaranya model SETALI, LISMO, SMOKEY dan DAYA.

Kehadiran daster ini diharapkan dapat menjadi media syiar kebaikan yang bertujuan ingin mengajak semua wanita agar tetap cantik maksimal sekalipun berada di rumah. Apalagi ketika harus melayani dan menjamu suami. Maka dari itu, daster yang diproduksi rata – rata berpotongan terbuka. Yang kerap kali Dian Kristianti sebut sebagai Lingerie Shantung atau disingkat menjadi LISHA.

Berkeinginan untuk menjalankan dan mengelola bisnisnya agar menjadi lebih baik. Dian Kristianti pun akhirnya mengikuti kelas di Sekolah Bisnis Online ( SBO ). Meskipun saat itu, Dian Kristianti belum menjadikan daster sebagai bisnis utama.

Namun, materi Sekolah Bisnis Online ( SBO ) yang membekas di dalam diri Dian Kristianti adalah materi excellent service. Materi tersebut hingga kini masih seringkali Dian Kristianti terapkan dalam bisnisnya.

Sebagai alumni Sekolah Bisnis Online ( SBO ), ia sangat bersyukur karena kini bisnisnya mendapatkan peningkatan yang mengejutkan. Dian Kristianti sendiri kini meningkatkan excellent service nya dengan menawarkan layanan customized daster. Sehingga siapapun yang ingin mendapatkan daster anti mak emak akan mendapatkan ukuran khusus yang disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Baca : Belajar Dari Tantangan Bisnis Yang Dihadapi Siti Darmalisa, Pemilik Brand Nazlia Hijab

Sungguh pengalaman bisnis yang luar biasa bahwa faktanya setiap bisnis tentu berangkat dari masalah. Berangkat dari masalah yang membutuhkan solusi penyelesaian. Semoga bisnis yang dijalankan dapat menjadi jalan keberkahan dan kebermanfaatan bagi orang lain.