Monthly Archives: January 2017

  • 0

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan

Sboplaza.com – Menjalankan bisnis bersama pasangan sebenarnya bukanlah hal yang menakutkan. Tapi nyatanya, masih banyak orang yang enggan menjalankan bisnisnya bersama pasangan dengan alasan perbedaan karakter, passion, minat.

Seringkali hal tersebut dikhawatirkan karena khawatir masalah dalam bisnis akan mempengaruhi kehidupan pribadi serta tidak adilnya dalam pembagian profit bisnis. Berikut ini tips sukses membangun bisnis bersama pasangan.

Mudah – mudahan tips berikut dapat memberikan pencerahan bahwasanya bisnis bersama pasangan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

1. Pastikan memiliki kesamaan visi misi yang sejalan

Saat seseorang memutuskan untuk menjalankan bisnis dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait. Pastinya visi misi akan menjadi sesuatu hal yang penting untuk dibicarakan. Dan pastinya hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis bersama pasangan. Anda dan pasangan ibarat partner bisnis yang perlu melakukan perencanaan bisnis dengan baik.

2. Sama – sama berkomitmen satu sama lain

Komitmen menjadi sesuatu yang sangat penting. Tak hanya dalam menjalani hubungan semata. Komitmen juga penting dalam bisnis. Komitmen akan memberikan kejelasan bisnis diantara keduanya. Seperti pembagian peran bisnis, tanggug jawab beserta amanah yang harus dijalankannya. Dengan begitu, tak ada yang merasa terjajah dan juga tak ada yang merasa “tak peduli” dengan bisnisnya.

3. Menjalani peran sesuai passionnya masing – masing

Pastikan Anda membuat kesepakatan yang jelas mengenai operasional bisnis Anda bersama pasangan. Apabila didasarkan dengan kecenderungan antara pria dan wanita.

Mungkin Anda dapat memaksimalkan potensi ketelitian wanita dengan menempatkan posisinya sebagai bagian dari keuangan. Sedangkan pria dapat ditempatkan dalam posisi marketing karena memang biasanya pria memiliki akses networking yang baik.

Dengan menetapkan peran dan posisi berdasarkan kapasitasnya. Hal itu tentu akan memudahkan Anda dan pasangan dalam menjalankan bisnis sebaik mungkin tanpa merasa terbebani dengan peran diluar kemampuannya.

4. Selalu terbuka dan saling menghargai

Dalam berbisnis, sikap keterbukaan di dalam tim akan menjadi faktor kesuksesan bisnis. Begitupun juga bisnis yang dilakukan bersama pasangan. Perlu adanya keterbukaan satu sama lain. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah berunding untuk mensiasati permasalahan serta menemukan solusi yang terbaik bersama – sama.

Baca : 5 Langkah Mudah Mengubah Konsumen Baru Menjadi Konsumen Setia

Demikianlah tips sukses berbisnis bersama pasangan. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang hendak maupun sedang berbisnis bersama pasangan. Bahwasanya bisnis bersama pasangan menjadi hal yang menyenangkan. Sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.


  • 0

Cerita Bisnis Dewi Nareswari Dari Awal Hingga Sukses Membangun Gallery Olly

Sboplaza.com – Dewi Nareswari, ibu rumah tangga dengan 5 orang anak yang akrab disapa Dewi Nares ini adalah pemilik Gallery Olly. Toko online yang menawarkan fashion muslim berkualitas baik.

Semua perjuangan bisnisnya dimulai saat Dewi Nares berusia 22 tahun. Saat itu, dirinya dikaruniai seorang anak. Di tengah kebutuhan yang semakin bertambah, Dewi Nares berupaya untuk bangkit.

Awalnya, ia menjual kembali gamis, jilbab dan berbagai produk fashion. Dewi Nares menjualnya dari pintu ke pintu. Dari bazaar ke bazaar. Bersyukur, hasilnya bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari. Tiba saatnya Dewi Nares dilanda kebosanan yang luar biasa. Dewi Nares merasa kelelahan karena harus mengangkat barang kesana kemari. Dan terlebih lagi melakukan semua hal itu seorang diri.

Tanpa disadari, terlintas dalam benak Dewi Nares untuk berganti usaha. Akhirnya Dewi Nares pun memutuskan untuk berbisnis di bidang makanan. Dewi Nares pun menjual bakso, soto dan minuman. Dari pengalaman inilah Dewi Nares pun mencoba memiliki pegawai. Dewi Nares mencoba untuk mendelegasikan pekerjaannya pada beberapa orang pegawainya.

Sebulan pertama berjualan makanan, Dewi Nares mendapatkan sambutan yang luar biasa dari konsumen di warung makan Dewi Nares. Tapi ternyata, semangat dan ide dalam berbisnis tidak cukup untuk membuat bisnis makanan Dewi Nares bertahan lama.

Dalam waktu 5 bulan saja, Dewi Nares terpaksa harus menutup warungnya karena kondisi tubuh yang sering kelelahan. Selain itu, bakso yang dijual Dewi Nares ditambah mecin oleh pegawainya tanpa sepengetahuan Dewi Nares. Padahal iklan warungnya mencantumkan bahwa baksonya tidak menggunakan MSG.

Dewi Nares sangat sedih mengingat modal bisnisnya habis tak tersisa. Sedangkan yang tersisa hanyalah gerobak beserta kelengkapannya. Tak ingin berlarut – larut dengan kesedihan, Dewi Nares memutuskan untuk bangkit lagi dengan kembali menjalankan bisnis di bidang fashion. Kali ini, Dewi Nares hendak menambah pengalaman bisnisnya di bidang souvenir handmade dan wedding organizer.

Bisnisnya tersebut memang bertahan cukup lama. Namun sayangnya hal itu membuat Dewi Nares tidak fokus sehingga hasilnya tidak terlihat. Dari sini, mulailah Dewi Nares membagi ilmunya pada tetangga wanita di lingkungan sekitarnya.

Dewi Nares mencoba untuk mengajar keterampilan menjahit souvenir, tas, sulam pita, sulam kaligrafi dan sebagainya. Dewi Nares melakukan hal itu karena ia sangat ingin para tetangga wanita disekitarnya dapat memiliki penghasilan sendiri dari rumah.

Dewi Nares merasa bahwa hal yang dilakukannya belum cukup. Akhirnya ia pun mulai berfikir tentang daerah pemasaran yang lebih luas. Dewi Nares mencoba untuk melejitkan bisnisnya via online. Hingga akhirnya Dewi Nares bertemu dengan Rita Elvanda yang mempertemukannya dengan Sekolah Bisnis Online ( SBO )

Di tengah kegalauannya dalam berbisnis, Dewi Nares pun memutuskan untuk mengikuti program Kelas Utama di Sekolah Bisnis Online ( SBO ). Seketika wawasan Dewi Nares terbuka luas. Terlebih lagi, ia pun mendapat banyak motivasi serta bertemu banyak orang hebat di SBO.

Penuturan dari Muri Handayani selaku pendiri Sekolah Bisnis Online ( SBO ) membuat Dewi Nares semakin termotivasi membangun bisnisnya. Bisnis yang dibangun pun tidak lagi berlandaskan perasaan semata. Tapi juga bisnis yang berlandaskan pada wawasan dan pengetahuan yang cukup. Akhirnya Dewi Nares mencoba peruntungan bisnis sebagai seorang agen.

Demi mengejar impian dan cita – citanya untuk berbisnis di dalam rumah, Dewi Nares menghadang berbagai jenis tantangan. Mulai dari tantangan untuk dapat closing penjualan minimal 1 pcs perhari hingga tantangan get 1000 reseller. Semua tantangan yang ada tidak menjadikan Dewi Nares lemah atau bahkan menyerah.

Terbukti, hingga saat ini Dewi Nares bahkan telah memiliki banyak reseller. Grup reseller Dewi Nares pun diberinama Go Success yang memiliki filosofi agar setiap reseller memiliki visi misi yang sama untuk dapat sukses bersama, membangun mimpi bersama dan menjadikan wanita serta para ibu untuk dapat mandiri secara ekonomi tanpa harus mengorbankan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Sungguh pencapaian luar biasa yang didapat Dewi Nares tatkala ia berhasi membangun bisnis online nya dengan mendirikan Gallery Olly. Dan setiap pencapaian yang didapatnya tak lain dan tak bukan karena dukungan orang – orang tersayang serta doa yang dipanjatkan.

Sekarang Dewi Nares telah memiliki admin online dan beberapa orang pegawai yang siap membantunya untuk membenahi manajemen waktu. Bersyukur kini bisnisnya dapat berjalan meskipun harus ditinggal pergi untuk menjalani suatu kegiatan di luar kota.

Baca : Cerita Inspiratif Fikya Fara Collection, “Omset Meledak Berkat Gamis Anak”

Semoga dari cerita Dewi Nares. Kita dapat memetik hikmah dari setiap penggalan episode yang dilalui bahwasanya sebuah bisnis yang dijalankan membutuhkan kesabaran serta pemahaman yang luar biasa. Sangat penting untuk tidak memulai bisnis tanpa mengetahui ilmunya terlebih dahulu kecuali bila Anda ingin mengulang pengalaman pahit yang sama dalam berbisnis.

Untuk informasi lengkap pendaftaran Sekolah Bisnis Online ( SBO ) dapat menghubungi admin melalui whatsapp di nomor 087824468185 atau dapat juga melalui inbox di www.facebook.com/sboplaza


  • 0

5 Langkah Mudah Mengubah Konsumen Baru Menjadi Konsumen Setia

Sboplaza.com – Kehadiran konsumen baru menjadi suatu pertanda bahwa bisnis yang dijalankan mampu mendatangkan penghasilan. Namun, sebuah bisnis tidak hanya membutuhkan konsumen baru saja.

Melainkan konsumen setia yang akan terus melakukan repeat order atau melakukan pemesanan berkesinambungan. Terlebih lagi, memasarkan produk pada pelanggan setia tentu akan lebih cepat dan mudah. Berikut ini langkah – langkah yang dapat Anda upayakan agar konsumen baru Anda beralih menjadi konsumen yang setia.

1. Selalu ucapkan Terima Kasih

Meskipun hal ini terbilang sesuatu yang sederhana, sebenarnya ucapan ini dapat memberikan kesan yang baik lagi pada konsumen. Agar konsumen baru Anda dapat beralih menjadi konsumen yang setia.

Anda dapat mengungkapkan konsumen dengan cara lain. Misalnya dengan mengadakan gathering atau acara temu pelanggan dalam rangka mengucapkan Terima Kasih atas loyalitas konsumen Anda terhadap produk yang Anda tawarkan.

2. Mengikuti alur konsumen

Anda dapat mengikuti perkembangan konsumen Anda. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan layanan google alerts agar Anda mendapatkan informasi terbaru terkait pelanggan Anda. Misalnya bila konsumen Anda tengah merayakan hari berbahagia, mendapatkan pencapaian baru. Anda dapat mengucapkan ungkapan selamat dan sebagainya.

3. Berikan yang terbaik

Cara terbaik untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dapat dilakukan dengan cara selalu memberikan solusi atas permasalahan konsumen. Ketahui apa yang sebenarnya diinginkan konsumen dan jadilah apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, konsumen Anda akan senantiasa bertahan dalam kesetiaannya terhadap produk yang Anda tawarkan.

4. Mengembangkan bisnis dengan baik

Interaksi yang Anda lakukan dengan konsumen adalah peluang berharga untuk belajar banyak hal baru untuk diaplikasikan kepada perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan Anda mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Jangan takut mendapatkan complain dari konsumen. Karena hal itu akan menjadi pembelajaran bagi bisnis Anda yang lebih baik.

5. Membangun kepercayaan dengan konsumen

Kepercayaan yang dibangun tentu tidak hanya dilakukan pada saat melakukan transaksi jual beli saja. Lebih dari itu, membangun kepercayaan konsumen dapat dilakukan dengan memberikan kualitas produk terbaik, memberikan deskripsi barang dengan benar dan mendetail.

Baca : Tips Menjalankan Bisnis Meskipun Tidak Memiliki Gelar Akademik

Demikian langkah – langkah yang dapat Anda upayakan agar konsumen baru Anda beralih menjadi konsumen yang setia. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat berharga bagi perjalanan dan perkembangan bisnis Anda yang lebih baik.


  • 0

Jurus Ampuh Mengalahkan Kompetitor Bisnis dengan 9T

Sboplaza.com – Tanpa sadar kalimat itu terlontar saat rumpi dengan Mba Enden Nina dan Mba Maria Ulfah Fathimah di rumahku, eh rumah mertua deng hehhehee… Maklum belom punya rumah sendiri, masih numpang. Target 5 bulan lagi rumah mungilku jadi Mak, bismillah… bantuin doa ya teman-teman.

Kembali ke hasil rumpi Mak. Disadari atau tidak, kompetitor itu lahir setiap hari. Gak cuma satu, puluhan, mungkin ratusan. Kalo kita BAPER karena ada orang yang ngikutin bikin/jualin produk yang sama dengan kita, maka dijamin, tiap hari nangis di pojokan Mak ahahhahaa…

CAPEK Maaaaak, habis energi kita untuk BAPERin kompetitor. Kita pikirin atau enggak, kompetitor tetap akan lahir dan bertumbuhkan. Jadi buat apa buang waktumu yang sangat berharga itu?

TUGAS kita adalah:

1. Terus belajar

Tidak perlu semua hal dipelajari Mak. KIta fokus mempelajari ILMU yang bisa mendekatkan kita untuk mewujudkan IMPIAN. Fokus..fokus..fokus.. belajar..praktek..belajar..praktek..

2. Terus berinovasi

Dan ternyata inovasi itu bukan hanya di urusan PRODUK Mak. Setelah ikut workshopnya Pak Indrawan Nugroho tentang Rise Above The Crowd, disana saya terbuka wawasannya.

Ternyata ada 10 tipe inovasi dalam bisnis. Doain ya semoga saya bisa kupas nanti 1-1. Saya bocorin dulu pointnya: Profit Model, Network, Structure, Process, Product Performance, Product System, Service, Channel, Brand, Customer Engagement.

3. Terus evaluasi

Dikritik itu bikin nyesek dada ya Mak. Tapi sesungguhnya dari kritik dan pendapat orang lain, kita bisa terus memperbaiki diri dan bertumbuh. Evaluasi dari berbagai bidang dan dilakukan secara berkala. Jangan duduk manis di zona nyaman. Jangan ngerasa udah paling hebat, paling laku, paling bagus. Tanpa disadari..kompetitor nyalip 1.000 langkah Mak!

4. Terus bangun tim

Alhamdulillah kemarin baru gese-geser lagi tim di SBO dan RAZHA. Tim itu dinamis, harus terus bertumbuh dan bertambah. Dari segi jumlah dan kemampuan. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda (lebih banyak dan lebih baik) tentunya tidak bisa jika kita tidak tumbuhkan kemampuan dan kapasitas tim ya Mak.

5. Terus besarkan mimpi

Jika diawal mimpinya hanya untuk perut sendiri. Sekarang harus tobat hahahaaa… Ternyata Allah ciptakan kita dimuka bumi pasti ada Misi yang harus kita tuntaskan sebelum kita mati Mak. Tentunya Misi tersebut adalah untuk kesejahteraan ummat.

Namun tiap orang ada bidang yang berbeda. Apakah di bidang kesehatan, kelestarian lingkungan, pendidikan, agama, perdamaian dll. Nah kita sebagai Emak-Emak yang suka jualan.

Kita bisa memilih satu diantara bidang tersebut yang kita sokong melalui DONASI yang kita ambil dari hasil penjualan di bisnis kita Mak. Kalo memang gak mampu pergi ke hutan untuk nanam pohon, kita bisa salurkan dana ke tim relawan untuk pelaksanaannya.

6. Terus perbaiki sistem

Terkadang yang bikin kusut di bisnis itu bukan soal barang gak laku. Produk bagus, penjualan banyak tapi lama-lama kenapa makin banyak kekacauan. Salah kirim, terlambat, tidak terdeteksi orderan siapa, uang ditilep karyawan, karyawan saling iri kerjaan, barang hilang dll.

Nah disini tugas kita sebagai pemimpin untuk membuat sistem yang mampu dijalankan dengan baik dan benar. Sehingga bisa bikin kita tidur nyenyak ahahhahaa… puyeng Mak tidur sambil mikirin kerjaan :p

7. Terus tambah jaringan

Dalam Islam kan diajarkan silaturahim ya, banyak sekali manfaatnya. Ikut komunitas, banyak diskusi, sering mendengar, namun hindari debat gak jelas wakkakakaa..

8. Terus putar modal + profit

Kedewasaan seseorang dinilai dari seberapa mampu dia MENUNDA KESENANGAN. Makin besar penghasilan, makin besar pengeluaran aahhahaaa.. gw banget ini :p bismillah 2017 saya mau tobat. Makanya lagi benahi pencatatan keuangan niih Mak.. doain ya Mak saya bisa istiqomah 😉

9. Terus tingkatkan pelayanan

Saya rela bayar lebih mahal tapi pelayannya senyum, Dibanding toko sebelah yang ngasih harga murah tapi jutek wakakkaka.. Katanya karayawan/tim itu gambaran dari pemimpinnya. Nah kita ajak jutek ke karyawan, gimana mereka bisa ramah ke konsumen ya Mak? heheheee.. Secara berkesinambungan kita terus perbaiki diri dan tularkan ke karyawan.

Kompetitor jual lebih murah, gimana donk?

Biarin aja, liat deh nanti dia bisa bertahan hidup ga? ahahhaa… Dengan profit yang kecil, dijamin mereka ga bisa survive karena ga cukup memiliki dana untuk memperbesar tim, ikut pelatihan, biaya iklan, biaya branding, bonus untuk mitra, penyusutan perangkat kerja, dll.

Baca : Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Bisnis itu bukan hanya soal PRODUK & HARGA. Jauh lebih rumit, pusing deh hihihihiiii… Kalo ga siap pusing, jangan bisnis, dirumah aja main sama anak-anak. Jalan-jalan cantik pake bajunya Demeunaf by Dewi Sri jangan lupa mampir ke salon heheheee

Semangat berjuang Emak Setrooong, aku selalu ada untukmu #eeeaaaa
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Tips Menjalankan Bisnis Meskipun Tidak Memiliki Gelar Akademik

Sboplaza.com – Faktanya, siapapun dapat menjalankan bisnis tanpa harus memiliki gelar akademik. Karena memang gelar akademik tidak menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Justru upaya Anda dalam menjalankan bisnis adalah penentu kesuksesan bisnis Anda yang sebenarnya. Meskipun banyak materi bisnis yang didapat selama berada di bangku universitas. Nyatanya, kesuksesan bisnis hanya dapat terwujud dengan melakukan praktek.

Seperti halnya Ralph Lauren, seorang desainer yang sukses berbisnis di bidang fashion. Padahal ia tidak memiliki gelar bisnis. Hal itu tentu membuktikan bahwa bisnis memang tidak menuntut gelar akademik.

Namun yang pasti, Anda perlu berwawasan untuk menjalankan bisnis. Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan dalam membangun tips menjalankan bisnis meski Anda tidak memiliki gelar akademik sekalipun.

1. Temukan mentor bisnis yang tepat

Anda perlu menemukan mentor bisnis yang tepat dan berpengalaman. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Seorang mentor bisnis tentu akan memberikan saran dan solusi yang tepat terhadap setiap permasalahan maupun kendala bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan solusi dalam upaya mempertahankan bisnis Anda.

2. Temukan investor yang tepat

Bila Anda belum memiliki cukup biaya untuk membiayai seluruh kebutuhan bisnis Anda. Solusinya adalah dengan mencari investor yang bersedia untuk melakukan investasi di dalam bisnis Anda. Dalam upaya meyakinkan investor, Anda perlu membuat perencanaan bisnis yang meyakinkan dan memiliki prospek yang menguntungkan.

3. Membangun partnership atau kerja sama bisnis

Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, Anda dapat mulai membangun kerja sama bisnis yang baik dengan berbagai pihak yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda.

Kerja sama bisnis akan memberikan manfaat mulai dari segi marketing, sumber daya manusia ( SDM ) maupun peralatan logistic lainnya. Tips untuk mendapatkan kerja sama bisnis adalah dengan menghadiri setiap perkumpulan para pebisnis.

4. Fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis

Bentuk konsistensi dalam menjalankan bisnis adalah dengan terus mengupayakan inovasi dalam berbisnis. Tapi dalam berinovasi, tentu Anda tidak diperkenankan untuk melakukan inovasi dengan kesan “terburu-buru” segala sesuatunya benar – benar harus diperhitungkan. Dengan melakukan konsistensi yang terstruktur, bisnis Anda pastinya akan mengalami perkembangan.

Baca : Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Demikianlah langkah yang dapat Anda lakukan dalam membangun bisnis meski Anda tidak memiliki gelar akademik sekalipun. Semoga ulasan yang kami paparkan dapat memberikan manfaat berharga bagi siapapun yang membacanya. Terlebih lagi khususnya untuk Anda yang ingin membangun bisnis serta mengembangkannya sekalipun tidak memiliki gelar akademik.


  • 0

Cerita Inspiratif Fikya Fara Collection, “Omset Meledak Berkat Gamis Anak”

Sboplaza.com – Fikya, ibu dari dua orang anak yang juga berpredikat sebagai pemilik Fara Collection. Toko online yang menjual aneka gamis anak katun jepang berkualitas. Sebelumnya tak pernah terfikirkan oleh Fikya untuk berbisnis online.

Mengingat Fikya adalah lulusan di sebuah akademi keperawatan yang pernah memulai karirnya sebagai seorang verifikator Jamkesmas ( Jaminan Kesehatan Masyarakat ) yang bertugas untuk mengurus berkas klaim Rumah Sakit sejak tahun 2008.

Dalam kesehariannya sebagai seorang verifikator, Fikya terbiasa berselancar di dunia maya. Hingga pada tahun 2012, tanpa sengaja ia melihat seorang penjual gamis anak yang sangat lucu di linimasa facebooknya. Berbekal ketertarikan pada gamis tersebut, Fikya pun akhirnya memutuskan untuk membeli gamis tersebut sebanyak 3 pcs.

Fikya bersama buah hatinya

Setelah barang sampai di rumahnya, Fikya merasa terpukau karena bahan gamis tersebut terbilang cukup bagus dan berkualitas. Tiba – tiba terlintas dalam benaknya untuk menjual kembali gamis anak katun jepang tersebut dengan menjadi seorang reseller.

Sebagai langkah awal, Fikya mengupload 8 foto gamis di akun facebooknya. Ternyata, sambutannya luar biasa. Betapa senangnya Fikya karena ia berhasil menjual gamis – gamis tersebut.

Selanjutnya Fikya pun memutuskan untuk naik tingkat dari reseller menjadi agen. Meskipun syarat menjadi agen diharuskan untuk melakukan pembelian 10 seri setiap bulannya. Kurang lebih total transaksi yang dilakukan sekitar 3 jutaan. Bermodalkan gaji dan kelebihan uang bulanan, Fikya memutuskan untuk menyanggupi persyaratan tersebut.

Saat lebaran, toko online nya cukup ramai pembeli namun setelah melewati masa lebarang menjadi sepi. Yang kemudian hal itupun menyebabkan stock menumpuk. Hal itu tentu menjadi kendala yang luar biasa bagi Fikya dalam berbisnis. Hingga pada akhirnya di tahun 2014, Fikya mendapatkan tawaran dari temannya untuk mengikuti program optimasi instagram yang diadakan di Sekolah Bisnis Online ( SBO ).

Fikya mengakui bahwa pada saat itu ia benar – benar belum mengenal instagram. Namun, Fikya yakin bahwa ilmu adalah modal utama yang penting untuk perkembangan bisnisnya. Akhirnya Fikya pun mengiyakan untuk mengikuti ajakannya dalam mengikuti program optimasi instagram di Sekolah Bisnis Online ( SBO )

Setelah mengikuti program di Sekolah Bisnis Online ( SBO ) Fikya merasa telah mendapatkan pencerahan lahir bathin. Yang awalnya berjualan hanya sekedar mendapatkan untung. Kini Fikya menjadi lebih termotivasi dan mendapatkan arahan bagaimana jualan yang sebenar – benarnya jualan di Sekolah Bisnis Online ( SBO )

Di bulan Desember 2014, Fikya sangat bersyukur karena jualannya mulai lancar. Bahkan penjualannya mendapatkan peningkatan di angka 14 juta. Kemudian di tahun 2015, Fikya kembali mengikuti kelas lain di Sekolah Bisnis Online ( SBO ) yakni kelas utama 4.1 untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik. Bersyukur, penjualan gamis anak katun jepangnya mengalami peningkatan dengan omset tahunan mencapai 9 digit.

Sejalan dengan hal itu, Fikya pun memutuskan untuk merekrut seorang Admin untuk menghandle pesanan. Dengan semakin lancarnya bisnis yang dijalankan, tak henti – hentinya Fikya kembali mengucap syukur karena angka penjualan di bulan April 2016 mencapai 10 digit.

Baca : Desi Suryani, Pemilik SKR Textile Dengan Omset Puluhan Juta Di Dalam Rekening

Sebagai alumni Sekolah Bisnis Online ( SBO ), Fikya selalu ingat pesan dari Muri Handayani selaku pendiri Sekolah Bisnis Online ( SBO ) bahwa kita

“Jangan pernah malu untuk bermimpi, biarlah orang lain menertawakan mimpimu. Fokuslah pada bisnismu, gak usah baper pada kompetitor. Bikin dada sesak. Selalu bikin inovasi kalau tidak ingin bisnis nya mati.” – Muri Handayani

Pesan tersebut dijadikan sebagai motivasi bagi Fikya untuk terus berkembang dan tak pernah pantang menyerah. Semoga ulasan ini dapat memberikan inspirasi yang luar biasa bagi siapapun yang membacanya. Bahwa tak ada sesuatu yang mustahil apabila mau mengupayakannya.


  • 0
Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Sboplaza.com – Gejolak peningkatan harga barang – barang kebutuhan tentu menjadi penyebab utama mengapa orang – orang memutuskan untuk berbisnis sekalipun bisnis tersebut adalah bisnis sampingan. Akan tetapi, terdapat kendala saat hendak menjalankan bisnis.

Kendala tersebut berupa ketidaktersediaannya ide bisnis yang hendak dijalankan. Sehingga tak jarang hal itu menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, bagi Anda ingin memulai bisnis namun belum memiliki ide bisnis yang tepat. Berikut ini sumber inspirasi bisnis yang dapat Anda jadikan ide bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

1. Hobi

Ide bisnis bisa Anda dapatkan dari hobi yang Anda tekuni. Berbisnis dengan mengandalkan kegemaran atau hobi tentu akan menjadi pilihan bisnis yang tepat. Karena Anda tentu akan sangat mendalami sesuatu yang Anda sukai. Terlebih lagi, Anda juga akan merasa lebih bersemangat saat menjalankannya.

2. Keterampilan yang dimiliki

Anda dapat menjalankan bisnis dari keterampilan yang Anda miliki. Adapun keahlian yang memiliki potensi menghasilkan diantaranya menulis, desain, memasak, farmasi, menjahit, mereparasi computer, meraparasi kendaraan, mereparasi gadget dan sebagainya.

3. Melihat kesempatan yang ada

Untuk memulai bisnis yang berasal dari kesempatan yang ada tentu membutuhkan kemampuan untuk menganalisis lingkungan sekitar. Dalam hal ini, Anda dapat menciptakan bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan orang banyak.

Misalnya saja, Anda dapat menciptakan bisnis di bidang jasa pembuatan website dengan target market para pebisnis yang ingin meng-online kan bisnis nya namun terkendala dengan kemampuan untuk membuat website. Diluar sana, masih banyak peluang bisnis yang dapat Anda temukan dengan syarat Anda benar – benar jeli dalam menganalisa.

4. Ide bisnis dari sesuatu yang diciptakan sebagai suatu kebutuhan

Anda dapat menciptakan bisnis dengan maksud menciptakan sesuatu yang dibutuhkan. Misalnya, bisnis kuliner di bidang kebab. Pada awalnya, kebab menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan. Namun pada akhirnya menjadi suatu kebutuhan karena ternyata banyak pecinta kebab yakni makanan khas turki tersebut.

5. Menjalankan bisnis karena faktor permintaan

Anda dapat menjalankan bisnis yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan. Karena pastinya bisnis di bidang kebutuhan tak akan pernah ada habisnya. Misalnya, Anda berbisnis di bidang penjualan beras atau barang sembako.

Baca : 5 Trik Jitu Agar Bisnis Kuliner Anda Makin Ngehits Dan Terkenal

Setiap orang tentu membutuhkan beras untuk bertahan hidup dan hal ini dapat Anda manfaatkan. Selain daripada bisnis di bidang kebutuhan sembako, Anda juga dapat berbisnis di bidang penjualan sarana ibadah seperti mukena, sarung dan sebagainya.

Demikianlah sumber inspirasi bisnis yang dapat Anda jadikan ide bisnis yang tepat untuk dijalankan. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang mendambakan bisnis yang tepat untuk dijalankan. Karena pada akhirnya, berbisnis adalah tentang bagaimana Anda melakukan yang terbaik untuk diri Anda dan bisnis yang Anda jalankan.


  • 0

Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Sboplaza.com – Saya kan juga manusia biasa ya 😅 Bukan wonderwoman. Kadang lelah jiwa raga, kadang muncul rasa males, jenuh, mumet, pusing jawabin chat lebih dari 100 tiap harinya 😅

Seperti hari ini.. setelah kmaren 2 hari ikut pelatihan FINANCE & ACCOUNTING, pikiran jadi kusut 😅 banyak banget PR nya 😱 Duuuuh chat masih banyak yang belum dijawab.

Tiba-tiba saya inget.. kalo kita bantu orang lain, Allah akan bantu kita 😍 gitu katanya Mak. aamiin.. mari kita bongkar inbox 😉 eh nemu chat dari peserta yang rajin ngerjain PR. Duuuh rasanya energiku terisi kembali 😍

Ternyata dengan melihat kebahagiaan orang lain, kita akan ikut jadi bahagia. Dan energi positif yang dihasilkan mampu meluluhan energi negatif.

Duh aku bingung berbuat baik apa ya? Nolongin orang gimana, aku juga lagi susah.
Mak… yang namanya nolongin gak harus dalam suatu hal yang besar. Banyak kegiatan kecil namun bisa menghasilkan energi positif yang besar.
Misalnya..

– Gabung bersama Tim Kecanduan Sedekah bersama Teh Rochma Firdaus
– Sedekah nasi bungkus sehari 1.
– Kasih telor sekilo ke tetangga yang kurang mampu.
– Beli sendal jepit 1 pasang, taro di Masjid
– Beli kain pel/lap kasih ke Masjid.
– Lemari udah penuh sesak, pilihin yang udah gak dipake, sedekahin.
– Jadi tempat curhat teman yang lagi ada masalah. Lalu beri nasehat yang baik atau menyemangatinya.
– Cek didapur. Berapa banyak piring, gelas, sendok dan peralatan lainnya yang gak dipake, sedekahin aja.
– Bisa akutansi, ajarin ke temen yang lagi kusut keuangannya.
– Bisa gambar, bikinin logo teman-teman.
– Jadi jembatan antara 2 orang yang saling membutuhkan.

Baca : Ssssttt…Jangan Bilang Siapa – Siapa Ya, Ini Harga Yang Harus Saya Bayar Untuk Mempertahankan Razha

Buka mata dan hati untuk lebih peka terhadap KEBAIKAN yang bisa kita berikan. Dengan harapan nencari ridho Allah. Jadi ketika lagi kusut dengan MASALAH yang kita hadapi. Jangan terlalu fokus pada masalah. FOKUS PADA SOLUSI. Salah satu caranya dengan memohon pertolongan Allah. Bantu orang lain…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Tips Jitu Membeli Barang Di Instagram Tanpa Perlu Khawatir Kena Tipu

Sboplaza.com – Keberadaan sosial media bernama instagram saat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk berbagi keseharian di dalam foto. Lebih dari itu, instagram kini juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis dan menjual produk yang dimiliki. Sehingga tak heran bila pada akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja online di Instagram.

Biasanya konsumen mencari penjual dengan cara mengetikkan kata kunci barang atau dapat juga mengetikkannya dalam bentuk hashtag. Akan tetapi, berbelanja di instagram sebenarnya memiliki kekurangan. Seperti tidak adanya system add to chart atau keranjang belanja. Hal ini sudah terlihat jelas, mengingat bahwa instagram adalah sosial media bukanlah marketplace.

Akan tetapi Instagram hanya dimanfaatkan untuk keperluan promosi semata. Untuk transaksi jual belinya sendiri, biasanya konsumen langsung menghubungi nomor kontak penjual yang tertera di bio instagram. Selain itu, tingkat keamanan berbelanja online di instagram seringkali dinilai kurang aman. Pasalnya, akun instagram sangat mudah untuk dibuat. Terlebih lagi, siapapun dapat membuatnya tanpa perlu khawatir dipungut biaya.

Namun, perlu dipahami bahwa aktivitas belanja baik online maupun offline bisa saja tidak aman. Akan tetapi, ada tips jitu membeli barang di instagram tanpa perlu khawatir kena tipu.

1. Lihat bio penjual tersebut

Lihat apakah terdapat alamat dari penjual online shop tersebut. Selain itu, lihat apakah nomor kontak yang tertera hanya Pin blackberry messenger ( BBM ) saja. Karena PIN BBM lebih mudah diubah dan diperbaharui tanpa perlu khawatir diketahui identitasnya.

2. Perhatikan followers dan following nya

Anda perlu waspada apabila akun instagram tersebut memiliki followers yang sedikit sedangkan memiliki following yang banyak. Bahkan perbandingan tersebut terlihat sangat kontras. Selain itu, lihat juga followers dari akun instagram tersebut.

Apakah akun instagram itu memiliki followers yang isinya terdiri dari bule yang terlihat tidak aktif menggunakan instagramnya atau bahkan terdiri dari pengguna akun instagram yang belum menggunakan profile picture. Bila ternyata followers instagramnya terdiri dari akun instagram bule yang tidak aktif atau bahkan akun instagram yang tidak memiliki profile picture. Maka Anda perlu waspada.

3. Menerapkan harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal

Akun IG yang suka menipu biasanya memberikan harga yang tidak masuk akal karena terlalu murah. Selain itu, ia juga memberikan begitu banyak bonus yang sifatnya untuk menjaring konsumen agar tergoda akan jeratannya.

4. Tidak ingin bila diajak COD

Menggunakan beragam alasan, pemilik akun IG palsu biasanya enggan menerima ajakan COD. Alasannya karena selain tidak memiliki barang yang dijualnya, ia juga memiliki kekhawatiran dikenali identitasnya. Bila Anda mendapati hal ini, Anda dapat mencari toko online yang lain.

Baca : Lakukan 4 Uji Coba Berikut Ini Untuk Menarik Perhatian Pengguna Instagram

Demikianlah tips jitu membeli barang di instagram tanpa perlu khawatir kena tipu. Sebenarnya banyak sekali indikator yang dapat digunakan untuk mengenali akun instagram penipu. Untuk meningkatkan kewaspadaan, Anda juga dapat melakukan pencarian nama instagram tersebut di google. Untu mengetahui track record online shop tersebut.


  • 0

5 Trik Jitu Agar Bisnis Kuliner Anda Makin Ngehits Dan Terkenal

Sboplaza.com – Bisnis di bidang kuliner saat ini kian hari semakin bertebaran. Tak heran bila kemanapun kaki berpijak, seringkali terlihat pemandangan food court, food truck, warung, kedai, coffee shop dan sebagainya. Itu artinya, bisnis di bidang makanan memang terbukti banyak digemari.

Maka dari itu, bila Anda ingin mencoba peruntungan di dalam bisnis kuliner, pastikan agar bisnis kulinermu terlhat unik sehingga Anda dapat dengan mudah memenangkan persaingan bisnis. Berikut ini 5 trik jitu agar bisnis kuliner Anda makin ngehits dan terkenal.

1. Share foto bisnis kuliner Anda di Instagram

Untuk menciptakan kesan pertama tak terlupakan, Anda dapat melakukan promosi di Instagram. Pastikan kualitas foto yang Anda bagikan di Instagram memiliki kualitas terbaik. Tak hanya itu, buatlah konsep foto yang menarik agar mampu membuat “tergoda” siapapun yang melihat foto tersebut.

2. Tentukan harga sesuai dengan target market

Tentukan harga sesuai dengan target pasar yang Anda bidik. Bila Anda hendak menyusuri target market kalangan remaja atau anak muda. Pastikan harga nya tidak menguras kantong. Sebaliknya, bila target market hendak membidik kalangan atas. Maka harganya pun perlu disesuaikan dengan harga yang pantas.

3. Jangan lupa sediakan tempat berfoto yang instagramable

Tak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan mengunggah diri di tempat makan kini menjadi suatu kegemaran yang banyak dilakukan. Uniknya, Anda tentu merasa diuntungkan dengan adanya promosi “gratis” yang tanpa disadari telah dilakukan oleh orang – orang yang mengabadikan moment nya di tempat bisnis makanan Anda.

4. Buatlah promo menarik berupa potongan harga

Potongan harga atau diskon akan selalu menjadi hal menarik yang dapat memancing antusias konsumen. Buatlah promo menarik yang unik, misalnya Anda memberikan potongan harga untuk setiap konsumen yang mengikuti sosial media bisnis kuliner Anda. Atau Anda juga memberikan potongan harga untuk yang tengah berulang tahun. Semua potongan harga dapat disesuaikan dengan kreatifitas Anda.

5. Membuka layanan pesan antar

Bagi sebagian orang bisa jadi malas keluar rumah karena keterbatasan waktu atau karena tidak ingin menjadi bagian dari kemacetan lalu lintas. Maka dari itu, Anda dapat membuka layanan pesan antar. Sehingga keinginan konsumen terhadap sajian makanan yang Anda tawarkan tetap dapat terpenuhi.

Selain itu juga, kurir makanan yang mengantar makanan sampai ke konsumen juga selama di dalam perjalanan akan menarik perhatian dengan atribut kendaraan yang bertuliskan bisnis kuliner Anda. Sehingga sengaja atau tanpa disengaja, setiap orang akan melihatnya atau bahkan penasaran.

Baca : Cara Sukses Berbisnis Di Bidang Kuliner Khas Daerah

Demikianlah 5 trik jitu agar bisnis kuliner Anda makin ngehits dan terkenal. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang khususnya ingin atau bahkan sedang bergelut di bidang bisnis kuliner. Agar bisnis kulinernya semakin popular dan terkenal.