10 Tips Untuk Emak Emak Berbisnis Online 

  • 0

10 Tips Untuk Emak Emak Berbisnis Online 

SBOPLAZA.COM – 10 Tips Untuk Emak Emak Berbisnis Online

Bisnis online menjadi salah satu pilihan Emak Emak jaman now. Kebutuhan untuk menambah penghasilan, mengisi waktu sampai aktualisasi diri menjadi alasan di belakangnya. Tidak terikat jam kerja kantoran dan tidak harus meninggalkan rumah juga menjadi alasan menarik.

SBOPLAZA 10 Tips untuk Emak Emak berbisnis online

Berikut SBOPLAZA rangkumkan tips-tips untuk para Emak yang berbisnis online. Simak yuk.

  1. Membuat jadwal pekerjaan rutin setiap harinya.
    Tentukan waktunya, apa yang harus dilakukan. Kelompokan pekerjaan yang PENTING dan mana yang MENDESAK. Jalankan jadwal ini dengan konsisten.
  1. Kepentingan anak dan suami tetap menjadi prioritas.
    Menjalankan bisnis bukan berarti meninggalkan kewajiban utama seorang ibu rumah tangga ya Mak. Ingat kalau kita menjalankan bisnis ini akhirnya juga untuk keperluan sang buah hati kan? Jangan sampai karena saking sibuk berbisnis, kita malah semakin jauh dari kesayangan kita.
  1. Delegasikan urusan rutin rumah tangga.
    Untuk urusan yang rutin seperti mencuci, menyapu, atau setrika baju misalnya. Kalau bisa didelegasikan tentu lebih baik ya Mak.  Tapi ingat, untuk keperluan personal anak dan suami tetap jadi tanggung jawab kita ya Mak.
  1. Kurangi kebiasaan stalking di medsos.
    Nah ini yang biasa bikin kita lupa waktu nih. Iya kan Mak? Hihihi.. Awalnya karena ngintip status si anu, eh ga sadar berlanjut komen, dan melebar ke akun lain lain deh.
    Tapi kan susah ya, kita jualan di medsos tapi ga boleh tolah toleh medsos. Hihi.. Iya dong, belajar fokus pada status jualan kita aja ya Mak. Kalo ada yang komen, segera balas, supaya pelanggan senang. Kalo status orang lain, lain kali lagi ya dibacanya.
  1. Pakai fasilitas posting terjadwal.
    Sudah tau kan Mak, kalo postingan jualan kita di FB fanpage bisa diatur jadwalnya. Untuk FB yang personal juga ada alat bantunya. Jadi kita bisa sekali setting, nanti dia akan muncul sendiri sesuai jam jadwalnya. Kita setting di pagi hari untuk status seharian kita. Asyik ya. Selanjutnya tinggal fokus jawab komen di status deh.

Baca : Sebelum Terlambat, Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online

  1. Tetapkan jam chatting dengan konsumen.
    Walau kita jualannya di rumah, tetap ada juga ‘jam dan hari buka toko’ dong. Pastikan jadwal buka tutup toko ini jelas dan diketahui oleh konsumen ya Mak. Jadi kalo mereka chat malem-malem ya harus nunggu besok pagi lagi. Kalau jadwalnya ga diumumkan, nanti konsumennya ngomel, ga dibales bales nih. Padahal chattingnya jam 11 malem. Walah.
  1. Alokasikan jam rekap dan packing order.
    Untuk yang masih single fighter, ini penting loh. Pencatatan jadi hal yang penting di sini. Agar tidak ada yang terlewat. Bisa diatur misalnya 1 jam setelah jam toko tutup, lakukan rekap dan proses packing ini. Bebas sih waktunya, atur yang Mak nyaman. Tapi pointnya ada waktu khusus untuk rekap dan packing ini.
  1. Mamfaatkan layanan jemput dari kurir.
    Pakai jasa layanan jemput dari kurir. Jadi paket yang sudah kita siapkan akan dijemput oleh kurirnya. Kita bisa hemat waktu tidak harus keluar rumah. Ada tambahan waktu buat ngurus kerjaan rumah deh. Sip.
  1. Upgrade ilmu jangan lupa.
    Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kalau bisa belajar dari pengalaman orang lain lebih baik lagi dong. Upgrade ilmu kita, agar bisnis bisa tambah efektif dan efisien. Bisa dari baca buku. Seperti buku Emak Emak Jago Jualan misalnya. Belajar dari kelas online dan ikut komunitas yang setipe juga bisa. Kita bisa berjejaring dan menambah kenalan dan pengalaman. Sekolah Bisnis Online punya juga komunitas Emak Emak Jago Jualan. Asyik deh.
  1. Evaluasi lagi.
    Ini juga tips penting yang kadang dilupakan. Di akhir hari, sebelum tidur, sempatkan evaluasi kegatan hari ini. Cukup 10-15 menit. Apa yang sudah terjadi? Bagaimana mengatasinya. Apa yang harus dilakukan lagi? Supaya kita tidak terjeblos di masalah yang sama. Penting banget kan.

Nah segitu dulu tips yang SBO rangkum. Jangan lupa alokasikan waktu untuk Me Time ya Mak. Nikmati waktu khusus untuk sendiri. Ke salon, masak, baca novel. Banyak deh. Siap untuk maju Mak? Semangat!

 

Sekolah Bisnis Online

Gaptek Hilang Rejeki Datang


Leave a Reply